Categories
Berita

Kemana Setelah SMA? | Menerawang Jalan Panjang

Banda Aceh, 22 Desember 2017 | Tulisan singkat dan sederhana ini penulis ingin sedikit mengupas tentang pendidikan, khususnya pendidikan dasar.

Berbicara tentang pendi kemaidikan berarti kita berbicara tentang kebutuhan dasar manusia pada era millenium ini. Pendidikan yang saya maksudkan adalah suatu proses di mana manusia melakukan sebuah upaya untuk memperoleh pengetahuan yan yang berag dapat menjadikan dirinya menjadi lebih baik. Dari tidak tahu menjadi tahu dan dari tidak bisa menjadi mampu. Bagaimana pun pendidikan merupakan pondasi penting bagi sebuah nergara. Sebuah negara akan mampu mencapajuanrti dan berkualitas jika sumber daya manusia yang di milikinepang bahkanya mampu melahirkan berbagai ide besar dan inovasi-inovasi baru. Misalnya kita lihat negara-negara eropa, Amerika, J negara-negara lain dibelahan dunia tidak segan-segan untuk memajukan pendidikan dinegaranya dengan anggaran yang sangat besar.

Bagaimana di Indonesia? Menurut Professor Andrew Rosser dari Universitas Melbourne hari Senin (20/11/2017) malam dalam acara ber pengustitute di NGV sebagaimana dilansir oleh media berita online mengatakan bahwaowy Inia sudah mampu erus meningkat namun kualitas pendidikannya belum begitu baik. Berdasarkan informasi tersebut diatas maka inilmemberikan pendidikan bagi warga nergaranya secara merata, meskipun dengan anggaran  Indonessaha harus berpikir bagaimana caranya meningkatkan kualitas pendidikan di negara kita sehingga baik senama Lyang tah tugas kita semua mulai dari pemerintah, masyarakat, guru, dosen, pihak perusahaan swasta dancara kuantitas maupun kualitas, pendidikan di Indonesia bisa sejajar dengan negara-negara maju lainnya di dunia.

Bagaimana Pendidikan di Aceh? Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022, Bapak Irwandi dan Nova Iriansyah dalam visi-misinya n, terutama pendidikan dasar bagi setiap rakyat Aceh. Sehingga untuk mewujudkan cita-citanya, pasan berkompeten dan fasilii dihualitas pendidikaendidikan dan kualitasnya dapat lebih meningkat dari sebelumnya. Ini merupakan yang bagus dan tentu harus didukung oleh anggaran yang cukup, pengajar/guru yangalah satu program unggulan yang diusung oleh Gubernur Aceh dan wakilnya.arapkan akses pmenekankan betapa sangat penting bagi Pemerintah Aceh untuk terus berupaya mentas (sarana/prasarana) di setiap sekolah tersedia secara cukup, lengkap dan fungsional. Inilah sgan ini membuat program kerja dalam bidang pendidikan yaitu ACEH CARONG. Dengan program kerja iningkatkan kterobosan

UN (ujian nasional) di Depan Mata. Seekolah dan dilanjutkan dengan ujian nasional. Namun yang menjadi pokok perhatian kita adalah what`s next setelah lulnghadapi ujian akhir smengindikasikan bahwa tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berarti meus dari SMA? Jika kita melihat data yang ada bahwa pengangguran lulusan SMA juga sangat tinggi, hal ini bagaimana tahun-tahun sebelumnya siswa SD sampai dengan SMA pada bulan April memilih jadi pengangguran. Kenapa? Ya karena tidak ada lowongan kerja yang dapat menampung seluruh lulusan SMA di Aceh.

Dalam rangka mendukung program Pemerintah Aceh dalam mewujudkan ACEH CARONG, Yayasan Pendidikan Sarana Ilmu Kutaraja Provinsi Aceh kini telah mngan iuangan (Sarjana Terapan) dan Manajemen Keuangan Sektor Publik (MKSP) Sarjana Terapan. Semua program studi tersebut menekankan pada kurikulum berbasis kompetensi dengan mat di Jalan Syiah Kuala No 10 Banda Aceh (Depan MIN Jambo Tape). Penerimaan mahasiswa baru untuk semenerapkan pola peendirikan sebuah lembaga pendidikan perguruan tinggi vokasi yaitu POLITEKNIK KUTARAJAdembelajarzin Kemendiknas Dikti masing-masing Program Studi Akuntansi (D3), Administrasi Perkantoran (D3), Analis Kean teori dan praktek yang lebih banyak untuk menumbuhkan skill yang siap bekerja di berbagai industri (perusahaan swasta dan sektor pemerintah).

Saat ini kampus POLITEKNIK KUTARAJA beralamua prodi mulai dibuka untuk Tahun Ajaran 2018/2019. SIlakan datang dan berkunjung ke kampus POLITEKNIK KUTARAJA untuk mendapatkan informasi lebih detil pada setiap jam kerja.

Harapan kami semoga siswa lulusan SMA di Provinsi Aceh memiliki pilihan yang lebih banyak untuk meneruskan pendidikannya dan dapat mewujudkan impian mereka sekaligus menciptakan ACEH CARONG sebagai generasi penerus bangsa di masa yang akan datang. (*ham)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *