Categories
Berita

Politeknik Kutaraja Gelar Pelatihan EO Bagi Siswa SMA/MA/SMK

Banda Aceh – Dalam rangka melaksanakan fungsi tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat. Politeknik Kutaraja menggelar kegaiatan pelatihan bagi sejumlah siswa/mahasiswa/wirausaha muda yang ada di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Juli 2018 bertempat di auditorium kampus Politeknik Kutaraja dengan menghadirkan pemateri tunggal Ismail Hamzah, SE.,MM. sebagai pembicara utama. Acara yang dimulai sejak pukul 09.30 Wib tersebut berjalan tertib dan lancar, seluruh peserta yang diundang pun datang sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Dalam sambutan pembukaan, Wakil Direktur I Bidang Akademik Syamsul Rizal,SE.,MM mengatakan bahwa kegiatan pelatihan EO ini merupakan bagian dari kontribusi Politeknik Kutaraja dalam mengembangkan ilmu pengetahuan serta pengabdian masyarakat sebagaimana fungsi tri dharma perguruan tinggi.

“Kegiatan ini sendiri sudah lama direncanakan, dan alhamdulillah hari ini berkat bantuan Allah Swt dan dengan dukungan Yayasan Pendidikan Sarana Ilmu Kutaraja (YPISK), sudah terlaksana dengan sukses.” Lanjut Syamsul Rizal.

Dengan mengusung tema “Kita Sukses Penyelenggaraan Acara,” pelatihan singkat tersebut mendapat sambutan hangat dan antusias tinggi dari para peserta. Apalagi dengan penyajian materi yang sangat menarik oleh narasumber yang berpengalaman dan berkompeten dibidang EO.

Ismail Hamzah, SE.,MM dalam sesinya memaparkan bagaimana kita seorang dapat menjadi EO sukses dalam menyelenggarakan sebuah acara. Baik acara formal atau non formal, acara seni, music, bisnis, pendidikan, pameran UMKM, acara pesta perkawinan, atau segala macam event lainnya. Seorang EO harus mampu mengelola pelaksanaan acara tersebut dengan baik, terencana, tertib, dan dapat memberikan kepuasan yang maksimal bagi yang punya hajatan maupun para tamu undangan yang menghadirinya.

Oleh karena itu ia menyarankan agar sebelum kegiatan dilaksanakan, pelaksana acara atau EO perlu melakukan riset kecil untuk mengetahui hal-hal apa saja yang sedang tren di pasar, termasuk mengetahui mode atau desain yang sedang digandrungi oleh masyarakat saat ini. Riset kecil juga diperlukan untuk mengetahui situasi dan kondisi sebenarnya, baik kondisi alam, cuaca, situasi keamanan, dan sebagainya untuk menyesuaikan dengan konsep EO yang akan dilaksanakan.

Sementara itu menurut Ketua YPSIK Abdul Manaf, SE.,Ak “kuliah itu tidak cukup cuma belajar ilmu sesuai jurusan, mahasiswa perlu membekali dirinya dengan keterampilan tambahan, salah satunya adalah EO.” Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan memiliki skill tambahan yang berguna suatu saat nanti.

Peserta Kalangan Remaja

Dengan memilih target peserta dari kalangan remaja dan anak-anak muda, suasana acara pelatihan ini menjadi lebih ceria dan semangat. Rata-rata para peserta masih awam dengan dunia EO, bahkan ada diantara mereka belum pernah mendengar sama sekali sebelumnya.

Dari delapan perwakilan sekolah yang diundang, semuanya mengirimkan pesertanya. Siswa SMA/SMK yang hadir antara lain: SMAN 12 Banda Aceh, SMAN 16 Banda Aceh, SMKN 1 Al Mubarqeya Aceh Besar, bahkan dari kalangan mahasiswa Unsyiah dan LP3I Banda Aceh juga ada. Total peserta keseluruhan yang hadir sebanyak 100 orang (sesuai target kuota).

Kedepan kegiatan semacam ini akan selalu digelar oleh Politeknik Kutaraja dengan memilih tema-tema menarik dan sesuai dengan perkembangan zaman. Bagi Anda yang ingin memperoleh informasi lebih lanjut terkait kegiatan pelatihan (training), silakan kontak call center Politeknik Kutaraja.

***

Banda Aceh, 23/07/2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *