Berita

Politeknik Kutaraja dan SMAN 12 Banda Aceh Gelar Seminar Pendidikan Bagi Siswa

Sebanyak 210 siswa (i) sekolah SMAN 12 Banda Aceh mengikuti seminar pendidikan dengan tema “Pentingnya Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0”. Kegiatan ini dilaksanakan di lab multimedia sekolah setempat di kawasan Lampineung pada Kamis, 21/11/2019.

Seminar ini merupakan kegiatan bersama antara Politeknik Kutaraja dan SMAN 12 Banda Aceh. Dengan seminar ini diharapkan siswa memahami tentang revolusi industri 4.0 yang kini sedang berlangsung dan pengaruhnya terhadap pendidikan.

Dampak paling nyata dirasakan dari era IR 4.0 adalah semakin berkembangnya teknologi informasi bahkan dapat menggantikan kecerdasan manusia atau yang disebut dengan intelejensi buatan (Artificial Inteligence/AI). Inovasi ini dapat menggantikan tenaga manusia sekalipun.

Oleh karena itu bila dikaitkan dengan dunia kerja dan pendidikan maka siswa (i) SMAN 12 Banda Aceh harus mampu menciptakan berbagai inovasi baru untuk antisipasi menjadi pengangguran atau kehilangan pekerjaan. Salah satu karakter yang dibutuhkan adalah semangat belajar tinggi, kreatif dan inovatif.

Direktur Politeknik Kutaraja Supriyanto yang menjadi pemateri seminar mengatakan “siswa perlu mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan tinggi atau kuliah dengan lebih baik dan sesuai dengan passion yang dimiliki, sebab jika tidak sesuai dengan passion dikuatirkan hasilnya tidak optimal bahkan terancam gagal menyelesaikan studi”. Katanya mengingatkan.

Lebih lanjut ia menambahkan, era sekarang di mana tuntutan perusahaan adalah bagaimana calon tenaga kerja itu memiliki keahlian atau ketrampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri mereka. Selembar ijazah tidak cukup untuk mendapatkan kerja. Saat ini calon tenaga kerja masih memerlukan kompetensi yang terstandarisasi agar mudah diterima kerja.

Siswa yang menjadi peserta seminar mengaku sangat senang mengikuti seminar ini. Menurut mereka, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi pengembangan wawasan dan ilmu pengetahuan.

Raja Farhan yang kini duduk di kelas XII IPA mengatakan setelah mengikuti kegiatan ini ia tertarik untuk kuliah di Politeknik Kutaraja, Farhan tertarik karena di Politeknik Kutaraja menerapkan kurikulum yang lebih mengedepankan praktik dari pada hanya teori sebagaimana model pendidikan di universitas-universitas.

Selain Farhan, ada juga Bintang, salah satu siswi yang ingin mendaftarkan diri kuliah di Politeknik Kutaraja nantinya setelah tamat dari sekolah yang saat ini ia tempuh.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 12 Banda Aceh Erlawana, S.Pd.,M.Pd juga mengatakan hal serupa, pihaknya menyambut baik kegiatan ini. Semoga siswa (i) mendapatkan wawasan yang dapat membantu mereka untuk menghadapi masa depan dengan lebih baik. (*)