Berita

Politeknik Kutaraja dan DJP Aceh Serah terima mahasiswa relawan pajak sebagai implementasi dari mitra organisasi tax center

Selasa, 16 Maret 2021

Foto bersama Kepala Kanwil DJP Aceh Bapak Imanul Hakim. 

Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Humas Kanwil DJP Aceh, Rahmad Siswoyo membuka kegiatan pengukuhan relawan pajak dan edukasi penyampain SPT Tahunan mulalui Efiling 2021. Pada kata sambutannya, R. Siswoyo menyampaikan “Peranan pajak sangat besar di APBN Tahun 2021. Dari total pendapatan negara 1732,7 T, 83% atau sebesar 1444,5 T merupakan penerimaan perpajakan. Bisa dikatakan pajak merupakan jantung dari APBN”.

Penandatanganan Serah Terima Mahasiswa Relawan Pajak Mitra Organisasi DJP Aceh (dokumentasi pribadi)

“APBN digunakan untuk pengeluaran negara, diantaranya di sektor Pendidikan, Kesehatan dan Ifrastruktur dan lain-lain. APBN dialirkan melalui Pemerintahan Pusat dan Pemerintahan Daerah (Povinsi dan Kota/Kabupaten) melalui transfer ke Daerah dan Dana Desa. Uang dalam bentuk DIPA yang ada di satker baik instansi vertikal (penuh dari APBN) maupun instansi daerah / SKPA yang sebagaimana besar dari transfer Pemerintahan Pusat, merupakan uang hasil dari Penerimaan Perpajakan,” kata R. Siswoyo.

Menurut R. Siswoyo, “Untuk mengemban tugas yang demikian besar dalam perpajakan, Direkorat Jendral Pajak merasa perlu melibatkan pihak ketiga dalam pendekatan kepada masyarakat / Wajib Pajak. Salah satunya adalah dengan organisasi mitra yaitu Tax Center yang konkritnya diwujudkan dengan adanya Relawan Pajak”.

“Tax Center merupakan wadah yang dapat membantu masyarakat sekitar dalam hal pelaporan pajak, baik itu pelaporan masa pajak, pelaporan pajak tahunan pribadi maupun pelaporan pajak badan yang bekerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi dalam bentuk organisasi mitra pajak termasuk di dalamnya PTN Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan PTS Politeknik Kutaraja (PKR). Dalam menjaring mahasiswanya untuk menjadi relawan pajak, pihka kampus mengadakan seleksi internal. Saat ini Unsyiah memiliki 29 mahasiswa sebagai relawan pajak dan PKR 21 mahasiswa relawan pajak yang nantinya akan siap membantu masyarakat melaporkan SPT tahunannya”, pungkas Desy selaku Plt Direktur Politeknik Kutaraja.

Foto bersama Politeknik Kutaraja dan DJP Aceh sebagai mitra kerjasama organisasi Tax Center (dokumentasi pribadi)

R. Siswoyo juga mengatakan “Tujuan Relawan Pajak utamanya adalah membantu menjaga dan meningkatkan Kepatuhan Formal (Penyampain SPT) oleh WP. Diharapkan para Relawan dapat mengasistenkan WP dalam pengisian SPT Tahunan”.

Kegiatan yang diadakan di Aula GKN Gedung D yang berlokasi di Peuniti tersebut dilaksanakan tetap dengan mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan ini turut dihadiri Oleh Rektor Universitas Syiah Kuala Bapak Prof. DR. Ir. Syamsul Rizal. M.Eng dengan Plt Direktur Politeknik Kutaraja Desy Puspita, SP, MM, sebagai tamu undangan dan juga sebagai pihak yang bekerjasama dengan DJP Aceh. Para mahasiswa yang berstatus sebagai relawan pajak serta Dosen yang medampingi dari masing – masing Perguruan Tinggi tersebut juga turut hadir. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Seksi ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Banda Aceh Bapak Achmad Rohadi, Kepala seksi pengawasan dan kosultasi III KPP Pratama Aceh Besar Bapak Iskandar.

Sumber : DesyAwang – andaresta.desy@gmail.com

 

Kontak

Jln. Syiah Kuala No. 10 Jambo Tape – Banda Aceh, 23126

08116808177

direktorat@poltekkutaraja.ac.id

Copyright © 2020, All rights reserved. Politeknik Kutaraja.