Berita

Dies Natalis ke-4, Politeknik Kutaraja Pilihan Tepat Berdaya Saing Global

Minggu, 31 Oktober 2021

Bendahara Yayasan Pendidikan Sarana Ilmu Kutaraja (YPSIK), Suazhari sedang memotong tumpeng | Dok. PKR

Politeknik Kutaraja Banda Aceh memperingati dies natalis yang ke-4 pada Minggu, 31 Oktober 2021, di Lantai III kampus setempat. Peringatan hari jadi yang keempat itu mengusung tema “Menuju Politeknik Kutaraja yang Mandiri dan Berdaya Saing Global”.

Bendahara Yayasan Pendidikan Sarana Ilmu Kutaraja (YPSIK), Suazhari, dalam sambutannya mengatakan dalam memajukan Politeknik Kutaraja tentu dibutuhkan dukungan semua civitas akademika. 

“Politeknik Kutaraja akan mengusahakan supaya kita bisa go internasional. Kita menghimbau kepada civitas akademika agar dapat berbuat maksimal,” kata Suazhari.

Ia menyebutkan kinerja kemahasiswaan Politeknik Kutaraja Banda Aceh masuk peringkat 90 nasional dari 262 Politeknik di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Ini merupakan prestasi yang luar biasa, mengingat usia Poltek Kutaraja yang masih sangat muda,” tuturnya. 

Sekretaris Daerah Kota (Sekdakota) Banda Aceh, Amiruddin, berharap diusia Politeknik Kutaraja Banda Aceh yang masih muda dapat melahirkan alumni yang dapat berkontribusi untuk Aceh yang lebih baik kedepan.

“Saya mengapresiasi peran dan kontribusi Politeknik Kutaraja di Banda Aceh dan Aceh. Kinerja kemahasiswaan kita masuk 90 besar dari 262. Ini prestasi yang sangat membanggakan,” ungkap Amiruddin.

Amiruddin juga berharap dies natalis kali ini menjadi momentum untuk Politeknik Kutaraja Banda Aceh agar dapat menjadi modernisasi di Aceh maupun di Indonesia. Saat ini era teknologi telah membersamai dan memiliki peranan besar di dunia industri.

“Kita berharap Politeknik Kutaraja harus bekerja dengan cara baru dan membangun ekosistem yang berbasis kewirausahaan,” ujar Amiruddin.

Direktur Politeknik Kutaraja, Desy Puspita, menjelaskan para civitas akademika Politeknik Kutaraja Banda Aceh memiliki tujuan yang sangat mulia yakni mensejahterakan kehidupan dan mencerdaskan anak bangsa yang mampu bersaing di dunia kerja.

Saat ini Politeknik Kutaraja memiliki empat program studi yaitu Sarjana Terapan Manajemen Keuangan Sektor Publik, Sarjana Terapan Analis Keuangan, Diploma Akuntansi dan Diploma Administrasi. 

“Hingga saat ini sudah memiliki empat angkatan. Pada September 18 mahasiswa angkatan pertama dari administrasi perkantoran dan akuntansi,” ungkap Desy.

Ia mengatakan di era teknologi ini menjadi tantangan tersendiri bagi Politeknik Kutaraja untuk mencapai cita-cita menjadi Politeknik Kutaraja unggul dan melahirkan manusia yang terampil dan mampu bersaing di dunia global.

Anggota Komisi X DPR RI asal Aceh dari Fraksi PPP, Illiza Sa’aduddin Jamal, mengatakan penting untuk semua tenaga didik memiliki cita-cita yang tinggi. Cita-cita itu kemudian diusahakan untuk dicapai. “Kita harus optimis, semangat dan memiliki cita-cita yang tinggi. Mimpi itu harus di kejar,” tuturnya.

Dalam mewujudkan Politeknik Kutaraja Banda Aceh yang mandiri dan berdaya saing global tentu membutuhkan usaha dan ikhtiar. Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 memaksa semua elemen untuk melek digital.

“Bagaimana caranya lulusan Politeknik Kutaraja bisa diterima di industri-industri di Aceh hingga internasional,” kata Illiza yang juga mantan Walikota Banda Aceh.

Menurutnya, inilah hikmah dari pandemi Covid-19. Politeknik Kutaraja harus betul-betul mengikuti perkembangan zaman dan menjadi kampus kebanggaan masyarakat Aceh.

Kontak

Jln. Syiah Kuala No. 10 Jambo Tape – Banda Aceh, 23126

08116808177

direktorat@poltekkutaraja.ac.id

Copyright © 2020, All rights reserved. Politeknik Kutaraja.